"Don't worry if you can’t do great things.. just do small things in a great way"

Legenda Batu Sindu


Batu Sindu adalah gua yang berada di Bukit Senubing, letaknya tidak jauh dari Kota Ranai, Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau. Tempat ini adalah salah satu destinasi di Natuna yang cukup ramai dikunjungi wisatawan, karena keindahan alamnya. Anda bisa melihat banyak bebatuan raksasa yang berada di bibir bukit, dan langsung menghadap laut.

Panorama alam sebagai keindahan alam Natuna merupakan potensi utama dari obyek yang dijadikan unggulan pariwisata ini sehingga setiap hari terutama hari libur warga Ranai dan pendatang bahkan wisatawan berdatangan ke lokasi ini. Kebanyakan hanya melihat lihat pemandangan laut dari atas bukit dan duduk-duduk sambil bercengkerama. Aktivitas lainnya belum banyak dilakukan pengunjung karena ketiadaan fasilitas dan sarana prasarana penunjang.


Selain keindahan alamnya, Bukit Senubing juga dikenal memiliki legenda yang dikenal sebagai Legenda Batu Sindu yang juga diabadikan dalam sebuah lagu berjudul Legenda Sindu oleh Erson G.A S.Sos.

“Sindu namenye ade di natuna, Senubing kote awal mulenye. 
Terukir pule jadi cerite, di kias jadi suatu legende. 
Berkisah crite Bujang dan Dare, Berpadu kaseh seakan ese. 
Restu dinanti tak kunjung tibe, Terlerai kaseh hampe di dade. 

Pilu di hati merasuk jiwe., Sembilu menyayat membelah due. 
Tak kuase diri berbuat murke, Tertulis sudah wasiat Bujang Dare. 
Ini legenda hai Batu Sindu, Tertoreh di hati anak Melayu. 
Kisahnye terus jadi tauladan, buruk baeknye jadi acuan. 

Tanjung Samak tak jauh bersulang, lautnye dalam bercurah pantai. 
kate orang tue jangan di tentang, Balak di jauh petuah dipegang. 

Pulau Sahi memanjang Kaku, Pantai Tanjung bak betatap muke. 
Berkaseh baek berperilaku, serahkan diri pade Yang Kuase.”

(Legenda Sindu  – dinyanyikan Erson G.A S.Sos)

Konon, ada sepasang kekasih yang saling mencintai. Perempuannya berasal dari sebuah dusun di Tanjung Datuk, sedangkan pria nya berasal dari Bukit Senubing (tempat Batu Sindu berada). Mereka berdua tidak bisa dipisahkan sehingga mereka berencana untuk menikah. Keluarga pria pun berencana untuk meminang. Sang perempuan. Beriring-iringan mereka dari Bukit Senubing menuju Tanjung Datuk. Kedatangan mereka awalnya di sambut gembira dan bahagia. Namun seketika menjadi petaka, saat salah seorang kerabat dari pihak laki-laki mencela makanan yang disajikan dan celaan tersebut di dengar oleh pihak perempuan. Alhasil kegembiraan menjadi sumpah serapah dan pihak perempuan mengusir keluarga pria serta membatalkan pertunangan yang di sudah direncanakan.  Pihak laki-laki mengatakan jangan sekali-kali ada orang Bukit Senubing menyebut Tanjung Datuk di tanahnya, atau akan mendapatkan kesialan dalam percintaan. Begitu juga sebaliknya, pihak perempuan mengatakan orang yang berada di Tanjung Datuk, dilarang menyebut kata Bukit Senubing atau akan mendapat kesialan.

Bukan hanya sumpah serapah, konon dalam perjalanan keluarga pria pun mendapatkan celaka. Namun cinta antara sang pria dan sang perempuan tidak pernah padam. Mereka masih berharap agar bisa bersatu, namun waktu terus berjalan sehingga yang tersisa tinggal sebuah legenda.  Masyarakat masih percaya, jika berada di Bukit Senubing pantang mengucapkan Tanjung Datuk, selain akan turun hujan tiba-tiba, maka juga akan ada bencana, atau mungkin jika datang berpasangan maka akan pisah. Cerita ini menjadi salah satu keunikan dari keindahan alam Natuna, Bukit Senubing.



Sumber: http://www.darahgaruda.com/
              duniaira.blogspot.com 
              travel.detik.com Wonderful Natuna

Baca Juga:

Admin : Ghani Hendrika ~ Natuna In My Soul

Ghani Hendrika Sobat sedang membaca artikel tentang Legenda Batu Sindu. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan menyebar-luaskan artikel ini, Namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Saya tunggu ucapan terimakasihnya di komentar :))
Title : Legenda Batu Sindu
Description : Batu Sindu adalah gua yang berada di Bukit Senubing, letaknya tidak jauh dari Kota Ranai, Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau. Tempat ini a...

0 Response to "Legenda Batu Sindu"

Poskan Komentar